Info Sekolah
Selasa, 29 Nov 2022
  • Selamat Menyambut Tahun Baru 1444 H dan Selamat Hari Raya Idul Adha
6 Oktober 2022

SEUDATI (Sehari Berbudaya Pasti) Aceh di SDN 67 Percontohan

Kamis, 6 Oktober 2022 Kategori : Berita Terbaru / Berita Umum

NewsSDN67 – Memperkenalkan kembali budaya-budaya serta kearipan lokal di tanah Serambi Mekkah kepada peserta didik merupakan salah satu usaha untuk tetap melestarikan budaya Aceh. Mengenalkan penajoh indatu kepada para siswa SD menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan pada setiap hari kamis. Kegiatan ini juga didukung penuh dan merupakan program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

Program ini diberi nama SEUDATI (Sehari Berbudaya Pasti) Aceh. Kepala Sekolah SDN 67 Percontohan Banda Aceh mengatakan dalam sambutannya:

SUDATI Aceh akan menjadi program rutin yang akan dilaksanakan di SDN 67 Percontohan Banda Aceh, tentu ini sebagai respon kita atas program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, dalam kegiatan Sehari berbudaya Pasti Aceh (Seudati) pada kesempatan kali ini kita memperkenalkan Pakaian Adat Aceh, Makanan dan Bahasa. Hari ini Seluruh Guru di SDN 67 menggunakan pakaian Adat Aceh dan setiap paguyuban kelas membawa satu nampan kue khas indatu kita dari berbagai macam model makanan khas Aceh, hari ini juga kita akan menggunakan bahasa Aceh dalam berkomunikasi. Kata Erna Wirda S.Pd.,M.Pd. (Kepala sekolah SDN 67) meski berbicara belum lancar dalam sambutannya karena menggunakan bahasa Aceh.

Kegiatan pagi ini benar-benar meriah dan penuh makna, terlihat barisan para guru SDN 67 yang mengenakan pakaian adat Aceh, saling bergantian menjelaskan tentang makna pakaian adat dan lambang atau logo serta warna yang dikenakan guru kepada seluruh peserta didik. Barisan-barisan penajoh yang tersusun rapi menambah daya tarik peserta didik yang telah disiapkan oleh masing-masing paguyuban kelas. Kerjasama yang baik antar sekolah dan wali murid dalam memperkenalkan SEUDATI Aceh kali ini mewarnai kebersamaan di tanah indatu. SElanjutnya seluruh siswa mengamati penjelasan wali kelas kepada peserta didik tentang peunajoh khas Aceh, setelah siswa mendapatkan penjelasan masing-masing peserta didik menikmati peunajoh Aceh.

Melalui kegiatan Seudati Aceh hari ini diharapkan dapat menjadikan budaya Aceh kembali dilestarikan, kembali dijaga, dan kembali dipraktikkan secara maksimal. Kegiatan literasi penajoh endatu tersebut membuat siswa SDN 67 mendapatkan pengetahuan baru tentang makanan khas Aceh. Adapun makanan kali ini yang diperkenalkan diantaranya adalah Timphan, Boh rom-rom, Bingkang, Kueh Boi, dan Lemang.

Untuk selanjutnya di Minggu kedua Sekolah berencana mengenalkan masakan-masakan Khas Aceh kepada para peserta didik. Insya Allah.

Lihat Foto-Foto Kegiatan SEUDATI

2 Komentar

Sari Jf , Minggu 16 Okt 2022

…masyaAllah…
Keren ya Sehari Berbudaya Pasti (Seudati), semoga saja terus dikembangkan berbudaya pasti tentunya Aceh kebanggaan utama masyarakat yang kental dengan Islamnya yang patut kita junjung tinggi…ayo, bapak-ibu-kakak-adikku mana semangatnya untuk sekolah kita menjadi kebanggaan kita bersama dalam Sehari Berbudaya Pasti terbarukan… ditunggu nih, SDN 67 PERCONTOHAN BANDA ACEH membuat aksinya apalagi ya di SEUDATI…

Balas
Ida Elva , Minggu 16 Okt 2022

Semoga ke depan kita kuatkan lagi implementasinya sehingga anak-anak didik tercinta cinta dan bangga dengan budaya daerahnya

Balas

Tinggalkan Komentar

 

Pengunjung

Komentar Pembaca

Video Terbaru

Alamat Kami

Jl. Sultan Malikul Saleh, Lr. HKA. Jalil No. 3
Desa Lamlagang, Kec. Banda Raya
Provinsi Aceh
Pos 23239
Email : official@sdn67bandaaceh.sch.id

Ikuti Kami

Pengunjung