Info Sekolah
Senin, 24 Jan 2022
  • Selamat Liburan Semester Ganjil, Semoga Sehat Selalu
23 November 2021

SISWA SDN 67 DI VAKSIN

Selasa, 23 November 2021 Kategori : Artikel Guru / Berita Umum

SDN 67 Banda Aceh, 23/11/2021. Setelah lama tidak masuk sekolah dikarenakan masa pandemi dan PPKM level 4 di Kota Banda Aceh, kini siswa dapat merasakan kembali indahnya belajar di sekolah bersama teman-teman dan guru tercinta mereka, setelah keluar kebijakan untuk kembali sekolah secara normal namun tetap menerapkan prokes yang ketat. Berbagai program disekolah kembali berjalan seperti program yang rutin dilakukan oleh TIM medis dari Kesehatan Banda Raya. Hari ini 23/11/2021 TIM Pukesmas Banda Raya bekerjasama dengan sekolah melakukan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) Tahap II, Kegiatan imunisasi ini diperuntukkan bagi siswa kelas 1, 2 dan 5.

BIAS bertujuan untuk memberikan imunisasi Difteri tetanus (Dt) bagi peserta didik disekolah dasar. Difteri Tetanus merupakan penyakit Imunisasi Dt adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis).

Vaksinasi difteri adalah vaksinasi yang dilakukan untuk mencegah penyakit difteri, yaitu suatu penyakit menular yang dapat menyebabkan sesak napas, pneumonia, kerusakan saraf, gangguan jantung, bahkan kematian. Penyakit ini bisa diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa. Vaksinasi difteri termasuk dalam daftar program nasional imunisasi dasar lengkap di Indonesia dan direkomendasikan oleh Kementrian Kesehatan serta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Vaksin difteri tersedia dalam bentuk kombinasi dengan vaksin penyakit lain, yaitu dengan tetanus dan batuk rejan (pertusis), atau dengan tetanus saja.

Terdapat lima jenis vaksinasi difteri yang tersedia, yaitu:

  • Vaksinasi DTP

Vaksin DTP diberikan kepada anak-anak usia di bawah 7 tahun untuk mencegah difteri, tetanus, dan pertusis.

  • Vaksinasi DTaP

Bermanfaat sama dengan DTP, tetapi vaksin pertusis dimodifikasi sehingga diharapkan dapat mengurangi efek samping dari vaksin.

  • Vaksinasi DT

Vaksin DT diberikan kepada anak-anak usia di bawah 7 tahun untuk mencegah difteri dan tetanus.

  • Vaksinasi Tdap

Vaksin Tdap diberikan kepada anak-anak dan orang dewasa, usia 11–64 tahun, untuk mencegah tetanus, difteri, dan batuk rejan.

  • Vaksinasi Td

Vaksin Td diberikan kepada remaja dan dewasa untuk mencegah tetanus dan difteri. Vaksinasi ini sebaiknya diulang tiap 10 tahun.

Kepala Sekolah SDN 67 Percontohan Banda Aceh menyampaikan bahwa:

Kegiatan vaksinasi Dt ini dilakukan atas persetujuan orang tua, artinya tidak ada paksan dari pihak sekolah atau TIM medis, kami hanya memberikan edukasi tentang bahayanya penyakit tetanus dan difteri ini sehingga pemerintah sudah membuat program pencegahan terhadap penyakit tersebut. semoga anak-anak senantiasa sehat dan terjaga dari penyakit ini. (Erna Wirda, S.Pd.,M.Pd)

1 Komentar

Junaidi , Selasa 23 Nov 2021

Moga menambah meningkatkan imunitas

Balas

Tinggalkan Komentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HUBUNGI KAMI

SDN 67 PERCONTOHAN BANDA ACEH

Jl. Sultan Malikul Saleh No. 3 Lr. H.K.A. Jalil

Desa Lam Lagang

Kecamatan Banda Raya

Kota Banda Aceh

Provinsi Aceh

Kode POS 23239

KONTAK

Telephone : +62 (853-666-400-21)

Email : official@sdn67bandaaceh.sch.id

AGENDA

12
Jan 2022
waktu : 08:00
23
Des 2021
waktu : 20:00
14
Des 2020