SDN 67 PERCONTOHAN TUAN RUMAH GEMAS 2

SDN 67, Januari-22-2021 – Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) 2 yang diadakan di Aula SDN 67 Percontohan Banda Aceh dihadiri Bapak Wali kota Banda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Kota, Kepala Kemenag, dan Kepala Dinas DP3A.

Dalam sambutannya Gubernur Aceh yang dibacakan oleh Kadis DP3A Ibu Nevi Ariani, SE. menyampaikan “Saya sebagai kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh yang ditunjuk sebagai penanggung jawab kegiatan GEMAS 2 Kota Banda Aceh, hari ini mewakili Bapak Gubernur dan Salam dari Bapak Nova Iriansyah selaku Gubernur Aceh. Sosialisasi tentang protokol kesehatan harus terus kita tingkatkan, langkah ini sangat penting, sebab pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan. tetapi juga mengganggu sektor-sektor lainnya. Itu sebabnya pemerintah Aceh menjalankan banyak program guna mengantisipasi dampak virus ini.

Antara lain, kita telah menjalankan Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG), Gebrakan Msker Aceh (GEMA), Gerakan Nakes Cegah COVID-19 (GENCAR), Gerakan Maske Sekolah (GEMAS)¬†yang menyasar dunia pendidikan khususnya pelajar dan guru di seluruh Aceh. Alhamdulillah GEMAS Tahap 1 telah selelsai direalisasikan Atas nama Pribadi dan pemerintah Aceh saya mengapresiasi seluruh kerja keras stakeholder yang ikut menyukseskan gerakan ini. Saat ini kita juga merealisasikan GEMAS tahap 2″.

Kegiatan gemas tahap 2 ini bertujuan untuk :

  1. Pembelajaran tentang pencegahan covid-19 melalui wali kelas dengan modul yang sama
  2. Praktek penggunaan masker kepada siswa/i oleh wali kelas

GEMAS tahap 2 sendiri telah di sosialisasikan dari tanggal 20 Januari 2021, program ini akan menyasar 4.181 SD/MIN/SLB se-Aceh dan 21.198 rombongan belajar di harapkan kepada wali kelas untuk dapat mensukseskan dan memastikan kepada 622.827 siswa SD/MIN/SLB di Aceh untuk selalu memakai masker dengan benar.

Sedangkan sambutan Bapak Wali Kota Banda Aceh yang diwakili Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota (Dr. Saminan, M.Pd) menyampaikan :

” Permohonan maaf Bapak Wali Kota Banda Aceh tidak dapat hadir karena ada kegiatan yang sama di kantor gubernur, dalam sambutan ini berpesan agar sekolah menjadi garda terdepan yang harus terus berjuang dan berusaha menjadi contoh penerapa protokol kesehatan yang baik di masa pandemi ini, sehingga wali kelas dapat memberikan motivasi dan arahan kepada peserta didik untuk meningkatkan diri dalam menjaga kesehatan melalui berbagai kegiatan dan gerakan seperti saat ini yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menghindari kerumunan. Bapak wali kota juga mengucapkan terimkasih kepada seluruh Guru, dan siswa yang telah mematuhi protokol kesehatan disekolah masing-masing.”

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan masker dari Pemerintah Aceh diwakili oleh Ibu Nevi Ariani Kadis DP3A kepada Bapak Dr. Saminan, M.Pd, yang mewakili Pemerintah kota. Selanjutnya diserahkan kepada sekolah-sekolah secara simbolis kepada :

  1. SDN 67 Percontohan
  2. SDN 22
  3. SDN 5
  4. SDN 25
  5. MIN 1
  6. SLB Negeri

Kegiatan ini pun diakhiri dengan do’a oleh ustadz Husni yang sekaligus merangkap sebagai protokol acara.